POST TEST ‘JOURNALISM IN THE INFORMATION AGE’

Posted by Unknown on

1.       Apa yang dimaksud dengan jurnalisme online?
Online merupakan sifat venue yang dijadikan publikasi informasi yang bisa dinikmati kapan saja yang terkoneksi. Salah satunya yaitu lewat website atau portal berita. Atau pengertian lain. Sedangkan Online Journalism yaitu seni memadukan teknologi komunikasi yakni internet dengan journalism konvensional.

2.       Jelaskan dua saja perbedaan mendasar antara jurnalisme online dan jurnalisme cetak!
Ø  Dari segi editing, perbedaanya jika Journalisme Cetak sudah di terbitkan tak akan bisa diedit lagi. Sedangkan jika journalism online masih bisa diedit kembali. Sehingga jika ada kesalahan, typo atau apapun journalism online akan mudah meralatnya daripada journalism cetak.
Ø  Tugas dari desaner atau layouter, di journalism cetak tiap edisinya layouter harus akan terus bekerja untuk menyelesaikan desain pada edisi tersebut. Sedangkan di Journalism online, desainer hanya perlu bekerja pada saat pembuatan website/situs webnya atau hanya jika ada masalah maintenance, karena sistemnya berjalan otomatis.

3.       Dari sisi audience-nya, apa perbedaan antara broadcast journalism dan print journalism?
Perbedaan disisi audiencennya broadcast journalism ditujukan lebih kepada orang yang suka mendengar daripada membaca.

4.       Tradisi jurnalisme televisi menurut Ashadi Siregar adalah standar kelayakan fakta social? Jelaskan maksud pernyataan tersebut!
Ukuran yang digunakan dalam menilai fakta sosial untuk dijadikan informasi jurnalisme pada dasarnya tidak berbeda, sepanjang media memiliki orientasi untuk melayani masyarakat. Dengan kata lain, pilihan atas fakta sosial bertolak dari rumusan yang diasumsikan sebagai pemenuhan kepentingan masyarakat konsumen media. 

5.       Jelaskan apa keterkaitan antara jurnalisme online dan jurnalisme warga!
Journalisme warga atau biasa disebut citizen journalism akan saling berkaitan dengan journalism online, karena kebanyakan dari journalism warga menggunakan media journalism online untuk sarana penyampaian beritanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar